Minggu (4): Membuat Ayunan Kecil

Aktivitas minggu keempat ini adalah latihan untuk membantu bayi mengembangkan potensinya dalam berinteraksi dengan orangtua, mengenal benda-benda bergerak dan suara.

Potonglah sebuah benda yang elastis terbuat dari karet dengan ukuran satu centimeter lebarnya dan panjangnya 10-20 centimeter lebih panjang dari pelbet bayi. Bikinlah sebuah ayunan kecil sebagai alat untuk menggantungkan beberapa mainan kecil si bayi.

Hari pertama, coba untuk menarik perhatian bayi dengan cara menggerakan gulungan katun yang digantungkan diatas mainan ayunan ke belakang dan ke depan. Amati mata bayi anda. Apakah dia melihat gulungan katun berayun? Apakah bayi berusaha untuk menangkap gulungan katun? Apakah bayi anda tersenyum? Bicaralah pada bayi ketika anda berinteraksi dengannya.

Pada hari kedua, tempelkan tutup botol plastic yang sudah dibungkus oleh alumunium foil yang berkilau. Ikuti prosedur pada tutup plastic seperti pada gulungan katun sebelumnya. Amati reaksi bayi. Kemudian gerakan gulungan kapas dan tutup plastic maju dan mundur. Amati untuk melihat bagaimana respon bayi terhadapnya.

Pada hari berikutnya, tempelkan sebuah bel yang menggerincing atau mainan bayi yang lain secara aman pada ayunan tadi. Gerakan bel tersebut untuk mengeluarkan bunyi. Amati reaksi bayi. Apakah bayi berusaha untuk menyentuh benda yang mengeluarkan bunyi itu?

Iklan

~ oleh halliva pada Desember 3, 2007.

Satu Tanggapan to “Minggu (4): Membuat Ayunan Kecil”

  1. gak kebayang bos, coba ada gambarnya!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: