Minggu (2):Respon Bayi Terhadap Cahaya

Bagaimana respon bayi anda terhadap cahaya? Pada waktu dilahirkan seorang bayi sangat sensitive terhadap cahaya, dan benda-benda yang bergerak. Bayi biasanya akan merespons dengan cara menolehkan kepalanya untuk mengikuti stimulus yang ada. Mata seorang bayi terkadang  akan kelihatan tidak focus. Tetapi jangan khawatir. Buka tirai, singkapkan gordeng dan biarkan cahaya masuk dari jendela. Amati bahwa bayi anda akan menolehkan kepalanya ke arah cahaya. Tutup tirai atau gordeng dan hidupkan lampu di sudut kamar yang lainnya atau gunakan senter. Hindari menyorotkan cahaya pada mata si bayi. Biarkan cahaya bersinar didinding. Amati jika bayi anda menolehkan kepalanya mengikuti arah cahaya. Anda sedang membuat si bayi sadar akan adanya sisi kanan dan kiri, dan pada waktu yang bersamaan anda sedang mengajarkan si bayi untuk bereaksi terhadap stimulus cahaya. Anda juga sedang mengajarkan si bayi untuk menolehkan kepala dari satu sisi ke sisi yang lain. Anda akan mendapatkan bagaimana bayi anda belajar mengenal dan merespon terhdaap suara ibunya pada pertumbuhannya yang sangat awal.

Ulangi aktivitas-aktivitas diatas dari waktu ke waktu dalam minggu itu. Berusahalah untuk konsisten dalam hal berinteraksi dengan bayi anda yang akan membantu mencegah bayi dari ketertinggalan belajar.

Ulangi juga seluruh aktivitas yang disarankan pada minggu pertama. Bayi belajar dengan sangat baik pada usia ini dengan cara rote learning (menghapal diluar kepala tanpa berpikir). Karenanya anda perlu mengulangi aktivitas ini berulang-ulang. Secara perlahan si bayi akan belajar hal-hal yang baru.

Ingat untuk berbicara, menyanyi, bersenandung atau bermain musik. Bayi membutuhkan stimulus yang berhubungan dengan pendengaran.

Iklan

~ oleh halliva pada November 28, 2007.

Satu Tanggapan to “Minggu (2):Respon Bayi Terhadap Cahaya”

  1. bagus sekali & bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: